Metamorfosis kupu-kupu

Metamorfosis adalah proses dari ulat menjadi hewan baru (fase sempurna) yaitu kupu-kupu. Pada prosesnya terjadi cukup panjang dan lama namum sederhana. Pertama-tama mulai dari telur yang diletakkan oleh kupu-kupu pada daun (biasanya daun pohon jeruk atau dapat juga pohon yang lain) yang bertujuan nantinya daun tersebut bisa menjadi bahan makanan ulat tersebut hingga mencapai dewasa setelah tiba waktunya menjadi pupa/ kepompong dan dalam beberapa hari akan menjadi kupu-kupu baru.

► TELUR

Telur akan menetas antara 3 – 5 hari, larva akan berjalan ke pinggir daun tumbuhan inang dan memulai memakannya. Sebagian larva mengkonsumsi cangkang telur yang kosong sebagai makanan pertamanya. Kulit luar dari larva tidak meregang mengikuti pertumbuhannya, tetapi ketika menjadi sangat ketat larva akan berganti kulit.

LARVA (ULAT)

► Setelah menetas larva akan mencari makan Sebagian larva mengkonsumsi cangkang telur yang kosong sebagai makanan pertamanya. Kulit luar dari larva tidak meregang mengikuti pertumbuhannya, tetapi ketika menjadi sangat ketat larva akan berganti kulit.

► Jumlah pergantian kulit selama hidup larva umumnya 4 – 6 kali, dan periode antara pergantian kulit (molting) disebut instar.

► Larva kupu-kupu bervariasi dalam bentuk, tetapi pada sebagian besar berbentuk silindris, dan terkadang memepunyai rambut, duri, tuberkel atau filamen.

► Ketika larva mencapai pertumbuhan maksimal, larva akan berhenti makan, berjalan mencari tempat berlindung terdekat, melekatkan diri pada ranting atau daun dengan anyaman benang. Larva telah memasuki fase prepupa dan melepaskan kulit terakhir kali untuk membentuk pupa.

PUPA (KEPOMPONG)

► Fase pupa kalau dilihat dari luar seperti periode istirahat, padahal dalam pupa terjadi proses pembentukan serangga yang sempurna. Pupa pada umumnya keras, halus dan berupa suatu struktur tanpa anggota tubuh. Umumnya pupa berwarna hijau, coklat atau warna sesuai dengan sekitarnya (berkamuflase) Pembentukan kupu-kupu dalam pupa biasanya berlangsung selama 7 – 20 hari tergantung spesiesnya.

KUPU-KUPU

► Setelah keluar dari pupa, kupu-kupu akan merangkak ke atas sehingga sayapnya yang lemah, kusut dan agak basah dapat menggantung ke bawah dan mengembang secara normal. Segera setelah sayap mengering,mengembang dan kuat, sayap akan membuka dan menutup beberapa kali dan percobaan terbang.

► Fase imago atau kupu-kupu adalah fase dewasa

PERILAKU KUPU-KUPU:

Kupu-kupu merupakan serangga yang melakukan aktivitas pada siang hari, pada malam hari kupu-kupu akan istirahat dan terlindungan daun pepohonan.

siang kupu-kupu makin aktif terbang dan melakukan aktivitas mencari makan dan berproduksi. Kegiatan mencari makan dilakukan sendiri-sendiri tetapi sering tampak kupu-kupu jantan dan batina terbang berpasangan dan pada saatnya akan melakukan kopulasi.

Selanjutnya induk kupu-kupu akan meletakkan telurnya pada tumbuhan inangnya. kupu-kupu yang rentang sayapnya kecil akan terbamg rendah antara 10cm- 2m. Sedangkan kupu-kupu yang rentang sayap lebih besar terbang lebih tinggi sampai ± 10 m. Pada kegiatan mencari makan, kupu-kupu akan hinggap pada bunga-bunga dan menjulurkan probosisnya.

92 thoughts on “Metamorfosis kupu-kupu

  1. Terima kasih atas informasi ini. Kau telah membantu saya dengan pekerjaan rumah saya! Aku berharap kau bisa membuat lebih informasi agar saya bisa membacanya! Sekali lagi, terima kasih! youre a great person! keep it up!

  2. Kalau pada tahap kepompong sering terjadi goncangan pada kempompong apakah berpengaruh pada kupu”? Lalu untuk kepompong yg berwarna emas butuh berapa hari untuk menjadi kupu”?
    Mohon dijawab

    • terima kasih atas pertanyaan anda.
      to alexander,
      apa saya boleh tau guncangan terjadi karena alam atau ulah manusia. setau saya guncangan tidak berpengaruh terhadap perkembangan untuk menjadi kupu-kupu, kecuali anda melakukan tekanan (memencet) bagian kepompong. mungkin itu dapat perpengaruh terhadap perkembangannya.
      Warna emas hanya di gunakan untuk kamuflase saja dari predator yang akan mengganggu proses kepompong. umumnya kepompong berlangsung selama 7-12 hari tergantung spesiesnya.

  3. Pingback: metamorfosis kupu-kupu | fitripgsd

  4. Pingback: MATAGENESIS DAN METARMOFOSIS « rezaptx

    • Selamat siang Nipin,
      menanggapi pertanyaan yang masuk, alangkah lebih baik apabila dibiarkan di udara yang bersirkulasi. karena ulat di dalam kepompong juga butuh udara, mencegah kebusukan dalam kepompong baiknya menggunakan media yang cukup terbuka seperti sangkar burung atau tempat sampah bekas yang medianya dibalik, setidaknya lingkungan hidupnya disesuaikan dengan ketika ada di lingkungan bebas dan terus dipantau, semoga membantu.
      Terima kasih

  5. Dirumah saya klu pagi berseliweran kupu2, saya ingin mereka menetap pd satu tempat beramai-ramai spt yg saya lihat di taman kupu2, apa yg harus saya simpan utk memncing mereka datang dan berekrumun ramai, terim kasih

    • Salam kenal,
      saya sangat senang dengan antusias dan keinginan adinda
      banyak faktor yang perlu di ketahui salah satunya
      Jika adinda ingin banyak kupu-kupu berseliweran dirumah atau halaman adinda hal yang paling mudah adalah menyediakan tempat,& ketersediaan tumbuhan yang menjadi tempat hidup/inang dari ulatnya yang nantinya kan menjadi kupu-kupu.
      Perlu dingat banyaknya ulat pada pohon tertentu dan kelembapan tanah juga juga mempengaruhi kupu-kupu berkembang. Banyak orang yang jijik akan ulat yang hadir padahal ulat dan kupu-kupu merupakan makhluk yang sama. Perluaslah refrensi adinda tentang kupu-kupu walaupun umumnya kupu-kupu hidup dengan menghisap madu (nektar). Namun ada beberapa jenis yang menyukai cairan dari buah busuk atau tanaman tertentu (daun dari jenis tumbuhan).
      Ketersedian hal tersebut dapat menggiring kupu-kupu disekitar kediaman.

  6. kalau fase menjadi ulat berapa lama dari mulai netas sampai berhenti makan? sudah 2 minggu sering nemu ulat di kamar tidur.

    • Salam kenal,

      Perbedaan metagenesis dan metamorfosis:
      Metagenesis adalah proses pergiliran hidup yaitu antara fase seksual dan aseksual. Metagenesis dapat berlaku pada hewan maupun tumbuhan. biasanya utnuk tumbuhan terjadi pada lumut dan paku-pakuan sedangkan hewan yaitu ubur-ubur.

      Metamorfosis adalah peristiwa perubahan bentuk tubuh secara bertahap yang dimulai dari larva sampai dewasa. contohnya pada kupu-kupu dan katak.

      semoga dapat membantu,
      terimakasih telah berkunjung.

  7. Tertarik dengan metamorfosis kupu2..
    Bangun tengah2 malam, nggak tau terpikir tentang proses perubahan kepompong menjadi kupu2..
    Ingin tau,..
    Mmmm..
    Pengibaratan hidup, Dalam masa seperti itu mungkin..
    Masih menjadi kepompong, menuggu waktu buat bsa menjadi kupu2 yg indah..
    Bisa terbang dan bebas.. :)

    • Terimakasih atas pertanyaan Rohaya pada tnggal 6 agustus 2014.

      Dikatakan Metamorfosis sempurna karena hewan ini mengalami empat fase, yaitu fase telur, larva, pupa (kepompong), dan imago (dewasa).

      13.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s