Otak ada pusat pengendali selurih kerja sistem syaraf manusia. Kinerja otak bisa saja menurun oleh karena faktor – faktor alamiah seperti usia, nutrisi maupun kebiasaan pola hidup yang tidak baik. Penelitian menunjukkan banyak yang dapat anda lakukan untuk mengasah ketajaman otak.

Pelajari teknik yang dapat membantu untuk mempertahankan kecerdasan mental anda berikut ini, sebagaimana dikutip Antara dari Woman’s Day.

1. Tenang
Peneliti di California Institute of Technology mengatakan otak akan mengingat lebih baik saat santai. Sediakan waktu beberapa menit setiap hari untuk menarik nafas dalam-dalam atau meditasi.

2. Fokus pada masa depan
Berdasarkan penelitian baru-baru ini, orang yang secara rutin membuat rencana dan menantikan acara yang akan datang resiko terkena Alzheimernya berkurang 50 persen. Jangan khawatir bila anda tidak memiliki banyak acara yang bisa mengubah hidup anda. Buat janji dengan teman anda untuk bertemu dan mengobrol.

3. Jalan-jalan
Para peneliti dari Universitas Columbia mengatakan kadar glukosa yang agak tinggi (bahkan bila anda tidak mengidap diabetes) bisa membahayakan daerah otak yang membantu anda membentuk ingatan. Para ahli setuju bahwa kegiatan fisik bisa membantu kadar gula darah turun menjadi normal.

4. Makan blueberry
Robert Krikorian, PhD profesor psikiatri dan ahli saraf di Universitas Cincinanati, mengatakan blueberry memiliki senyawa yang disebut “anthocyanin” yang membantu komunikasi antara sel otak dan muncul untuk meningkatkan ingatan.

5. Mempelajari sesuatu yang baru
Belajar bahasa Spanyol secara online, mengikuti kursus menjahit atau belajar bermain tenis. Penelitian di University of California Irvine menemukan bahwa rangsangan mental membatasi efek melemahkan penuaan pada ingatan dan pikiran.

sumber : http://iptek.tvone.co.id/berita/view/42631/2010/08/10/yuk_asah_ketajaman_otak_anda/