Ilmuwan menemukan bahwa nyamuk Culex molestus punya perilaku aneh.
Jika sebagian besar nyamuk mengisap darah secara terus menerus pada saat lapar, tak demikian halnya dengan nyamuk ini. Culex molestus akan berdiet alias tak menghisap darah sebelum berhasil meletakkan telur.

Fakta ini ditemukan lewat penelitian panjang selama 2 tahun. Jenis nyamuk Culex molestus memiliki habitat di pipa pembuangan dan septic tanks.

Cameron Webb dari University of Sydney Medical mengatakan, “Terobosan dalam studi ini adalah bahwa jika nyamuk ditawari darah, nyamuk itu takkan mengisapnya sebelum telurnya berhasil diletakkan. Kami percaya, nyamuk ini adalah satu-satunya spesies di Australia yang memiliki perilaku ini.”

“Begitu telur pertama diletakkan, maka nyamuk langsung akan berburu darah,” tambah Webb seperti dikutip Zee News, Kamis (21/6/2012).

Menurut Webb, sebelum meletakkan telur, nyamuk mendapatkan energi dari nutrisi yang dikumpulkan sebelum fase dewasa. Perilaku ini dikenal dengan autogeni.

Hasil penelitian Webb dipublikasikan di Journal of Vector Ecology.

Webb mengungkapkan, salah satu yang bisa diambil dari penelitian ini ialah manusia harus berpikir lagi saat akan mendesain tempat penyimpanan air, limbah dan sebagainya. Desain harus dipertimbangkan sehingga tidak menciptakan peluang baru bagi nyamuk untuk berkembang.

SYDNEY, KOMPAS.com