Hepatitis merupakan salah satu penyakit endemis di beberapa daerah di dunia saat ini khususnya indonesia. Penularan hepatitis diduga terkait dengan kondisi lingkungan (air bersih, praktik pengelolaan makanan, hygienitas)

Hasil gambar untuk lingkungan penyebab hepatitis

Berikut sedikit penjabaran mengenai apa itu Hepatitis dan jenisnya yang umum ditemui oleh dalam kehidupan sehari-hari

Penyakit hepatitis yang merupakan adanya suatu kelainan pada organ hati atau mengalami peradangan dan pembengkakan. Peradangan yang biasanya ditandai dengan adanya peningkatan pada kadar enzim yang ada didalam hati. Pada peningkatan ini yang biasanya disebabkan oleh adanya gangguan pada bagian membran pada hati. Ada kedua faktor penyebab hepatitis misalnya terjadi pada faktor infeksi dan non infeksi. Faktor infeksi yang dapat disebabkan oleh adanya bakteri dan virus hepatitis, selain itu terjadinya karena adanya virus hepatitis A, B, C, D, E dan G dan masih banyak lagi penyebab hepatitis.

Hepatitis

Namun ada tiga jenis hepatitis yang paling sering terjadi hepatitis pada A, B dan C. Pada ketiga ini yang biasanya disebabkan karena adanya virus yang mudah menular. Pada hepatitis A yang dapat ditularkan melalui kontak per orang dengan melalui minuman dan makanan yang telah terkontaminasi. Hepatitis B dan C biasanya disebabkan penularan yang dapat mematikan, karena yang ditularkan melalui transfusi darah, jarum suntik, serangan pada penghisap darah dan juga terlalu sering melakukan hubungan seksual. Khususnya pada penderita hepatitis B dan C dapat ditanggulangi hingga bersih dapat berakhir dengan sirosis dan kanker hati.  Adanya juga hepatitis non virus yang bisa juga disebabkan obat obatan, bahan kimia, alkohol, arsenic yaitu merupakan bahan kimia yang dengan mudahnya akan merusak pada organ hati. Radang juga bisa disebabkan hati yang tidak mampu menjalankan fungsinya dengan melakukan  pengeluaran racun dan memproses bahan bahan gizi.

Jenis Hepatitis

Ada beberapa  golongan virus hepatitis yang sudah diketahui sebagai adanya penyebab hepatitis, yaitu pada hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan juga pada virus hepatitis E. Dari masing masing jenis hepatitis mereka mampu mempunyai cara penularan nya yang berbeda beda.

  • Hepatitis A

Hepatitis A yang dapat disebabkan. Virus HAV yang dapat disebabkan dengan cara penularan dengan cara yang ada dalam dunia medis yang dapat dikenal dengan sebutan fecal  oral misalnya pada kotoran dan mulut. Pada penyebaran dan penularan yang melalui virus terjadi melalui adanya kontaminasi pada makanan atau air oleh adanya virus. Penyebab hepatitis karena kebiasaan buruk misalnya saja, anda kurang menjaga sanitasi makanan, menghindari makanan yang dapat memicu hepatitis.

  • Hepatitis B

Penyebab hepatitis B karena virus HBV. Pada cara penularannya melalui virus, misalnya  saja pada transfusi darah, kontaminasi jarum suntik, serta pada s saat melakukan hubungan seksual. Penyakit ini juga bisa  saja ditularkan melalui anak yang masih didalam kandungan karena sang ibu sedang menderita hepatitis B. Pada penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersamaan maka dari itu yang patut kita hindari. Karena pada saat menggunakan sikat gigi, tidak jarang terjadi mengalami trauma yang dapat mengakibatkan dengan mudahnya menular melalui virus tersebut.

  • Hepatitis C

Hepatitis C yang dapat menimbulkan penyebab hepatitis pada virus HCV. Pada penularannya yang dapat menyerupai pada penularan hepatitis B. Pada hepatitis C menular melalui darah. Virus dengan mudahnya menular pada penggunaan jarum suntik dan obat obatan.

  • Hepatitis D

Penyebab hepatitis D yaitu pada virus deltas. Virus yang hanya dapat berkembang biak yang ada didalam tubuh maka akan mengalami infeksi oleh virus hepatitis B. Meskipun jenis yang paling jarang terjadi. Hepatitis D merupakan jenis hepatitis yang sangat membahayakan dari jenis hepatitis. Pola penularan hepatitis D dengan hepatitis B.

  • Hepatitis E

Penyebab hepatitis E bisa melalui kotoran manusia ke mulut dan dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontiminasi, pada tingkatan yang tertinggi adanya infeksi hepatitis E yang dapat terjadi pada daerah yang mengalami sanitasi buruk dengan mendukung pada penularan virus.

Hepatitis & Faktor lingkungan

Penyakit hepatitis bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan yang akan menyebabkan penurunan nafsu makan dan juga berat badan. Jika hal ini berlangsung lama tidak baik karena tubuh akan kekurangan banyak nutrisi yang akan mengakibatkan penurunan fungsi organ dalam tubuh juga. Terjadi nya gejala penyakit hepatitis tersebut bisa dialami akibat ada faktor pemicu nya. Faktor pemicu infeksi penyakit hepatitis bisa di sebabkan oleh beberapa hal. Karena ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit hepatitis atau terjadi  nya infeksi. Oleh sebab itu jika ingin mencegah penyakit hepatitis maka harus mengetahui penyebab hepatitis nya. pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang faktor lingkungan terhadap persebaran atau penularan hepatitis sehingga mudah menjangkit manusia. Berikut beberapa penyebab hepatitis :

  • Berbagai barang pribadi

Penyebab hepatitis yang menyebabkan infeksi virus bisa dialami karena di sebabkan oleh benda. Karena penularan penyakit hepatitis bisa dari benda, penyebab hepatitis yang di dari penggunaan barang barang pribadi bisa dari benda seperti alat cukur, jarum suntik, handuk, sikat gigi dan barang lain yang harus nya di gunakan sendiri. Jika di gunakan bersamaan dengan orang lain dan menderita penyakit hepatitis maka akan menyebabkan penyakit hepatitis terjadi maka dari itu penyebab hepatitis bisa dari benda. Sebaik nya jika menggunakan barang pribadi di simpang dengan baik agar orang lain tidak menggunakan nya juga. Karena bukan hanya penyakit hepatitis saja, tetapi penyakit lain nya pun bisa menyebabkan penyakit hepatitis.

  • Makan makanan kotor

Virus penyakit hepatitis bisa juga ada pada makanan atau pun di minuman, sehingga jika masuk ke dalam tubuh makanan atau pun minuman yang terdapat virus di dalam nya maka akan menyebabkan penyakit hepatitis. Penyebab hepatitis dari makanan dan minuman yang kurang bersih sudah cukup sering dialami, dan banyak penderita nya. Oleh sebab itu sebaik nya makan makanan yang di buat di rumah sendiri, dan juga tidak mengkonsumsi makan makanan yang mentah, air mentah pun juga sebaik nya juga jangan di konsumsi.

  • Memakai peralatan kebersihan tubuh secara bersama sama

Alat yang merupakan alat pribadi itu seharusnya hanya digunakan untuk satu orang, khususnya untuk alat mandi. Karena penyebab hepatitis B ini bisa terjadi akibat penggunaan peralatan secara bersamaan dengan penderita hepatitis. Jenis penyebab inilah yang bisa mendatangkan penyakit hepatitis yang bergolongan B itu datang dan muncul. Maka dengan itu, kalian harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit hepatitis.

  • Berkontak langsung

Melakukan kontak langsung oleh penderita penyakit hepatitis akan menjadi penyebab hepatitis juga. Terlebih jika berkontak langsung dalam keadaan kondisi tubuh yang lemah maka akan menyebabkan infeksi virus lebih mudah dan lebih cepat juga. Maka dari itu jika ada orang yang menderita penyakit hepatitis sebaik nya menjaga jarak.

Pustaka :

Setijani, Dwiastuti (2010) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU DENGAN KEJADIAN HEPATITIS A PADA TARUNA AKADEMI KEPOLISIAN SEMARANG TAHUN 2008. Masters thesis, Master in Environmental Health.
Anonim, (tanpa tahun). Penyebab Hepatitits. http://penyebabhepatitis.com/.  Blog Online
Anonim, (tanpa tahun). Penyebab Hepatitits. http://penyakithepatitis.org/. Blog Online