Klasifikasi

Divisi          :    Bryophta

Klas            :    Bryopsida

Anak klas   :    Bryidae

Bangsa       :    Polytrichales

Suku           :    Polytrichaceae

Marga         :    Polytricum

Struktur talus gametofit

Tersusun dari rhizoid, sumbu, dan filoida

-> Sumbu

Ada dua macam :

  1. Rhizoma, sumbu yang tumbuh secara horizontal di bwah tanah. Terdapat banyak rhizoid, juga di tumbuhi filoida yang berukuran kecil yang berwarna coklat dan tidak berwarna.
  2. Sumbu yang kurang tegak, tumbuhnya dari rhizome. Pada P commune sumbu tegak tidak bercabang. Jika bercabang, cabang muncul dari cabang primordial. Pada dasarnya sel primordial dalam keadaan dorman. Dan hanya aktif (membentuk cabang) bila sumbu tegak patah atau terpotong.
  • Anatomi rhizoma jika di buat sayatan melintang rhizome memperlihatkan struktur dari dalam keluar adalah epidermis, lapisan korteks, endodermis, perisikel, dan silinder pusat.
  • Anatomis sumbu gerak jika di buat sayatan melintang memperlihatkan struktur dari luar ke dalam adalah epidermis, korteks (bagian luar,dalam kemudian pada saat muda berkloroplas, dan terdapat jejal daun tempat munculnya filoida), silinder pusat yang erdiri dari lapisan mantel, lapisan amilum, hydrom mantle, dan hydromel cylinder.

->Filoida

Terdiri dari dua lapisan utama yaitu lamina dan rusuk, lamina tersusun dari selpis sel-sel hialin, rusuk terdiri dari sel-sel parenkim yang besar dan berdinding tipis, bagiannya berkembang sangat baik, pada bagian atas terdapat sel yang dari situ muncul lamella, ruang sempit di antara lamella berfungsi sebagai saluran air, lamella berfungsi sebagai fotosintesis.

Rhizoid

Terdapat pada dasar, sumbu tegak dan berfungsi untuk menempel pada substrat dan menyerap air, strukturnya saling menjalin, panjang dan miring, multiseluler, dan saling bercabang. Dengan strukturnya seperti sumbu kompor memungkinkannya untuk menyerap air banyak.

  1. Reproduksi
  2. Vegetatif
    1. Membentuk bulbil pda rhizoid
    2. Penggandaan protonema
    3. Tunas pada protonema dapat membentuk sumbu tegak yang lurus
  3. Seksual

Bersifat diecious, alat kelamin tumbuh bergerombol pad sumbu tegak anteridium dikelilingi oleh filoida yang tersusun rapat, bentuk rapat dan berwarna merak kecoklatan, disebut fioida perigonial. Arkegonium yang telah masak berbentuk seprti “semprong lampu minyak” tersusun dari tangkai yang padat, perut, dan leher yang opanjang. Rongga perut berisi sebuah ovum dan sebuah sel saluran perut. Dalam Saluran leher berisi sel saluran leher.

Periode sporofit

Zigot merupakan bentuk paling awal dari sporofit, terletak di dalam rongga peruk arkegonium, membelah menjadi dua sel hipobasal (bagian bawah) epibasal (bagian atas), hasil pembelahan berulang kali dari hipobasal akan membentuk bagian kaki dari sporofit, dan epibasal akan membentuk embrio, bagian atas embrio membentuk kapsula bagian bawah membentuk seta. Bagian sel bawah didnding perut arkegonium melakukan pembelahan berulang kali sehingga terbentuk penjuluran yang membungkus seluruh embrio, seluruh sel ini dinamakan kaliptra, karena berasal dari gametofit maka kndungan kromosomnya adlah haploid, sporofit yang masak memiliki struktur bawaan seperti di atas. Yaitu kaki, seta, apofisis, kapsula, dan kolumela.